15 Cara untuk Menjadi Orang yang Lebih Baik


Menjadi Orang yang Lebih Baik

15 Cara untuk Menjadi Orang yang Lebih Baik – Memiliki resolusi untuk menjadi orang yang lebih baik di tahun yang baru ini? Pasti Anda bisa asalkan Anda memang berkomitmen dan memiliki rencana yang jelas untuk mencapai itu semua.

Baca Juga: Perusahaan Fortune 500 Tahun 2018 Tanya Memiliki 24 CEO Wanita

Seperti ada sebuah kutipan terkenal yang berbunyi ‘Manfaatkan dirimu sebaik-baiknya, karena hanya itu yang ada padamu.’

-Ralph Waldo Emerson

Kita semua telah membuat kesalahan sepanjang hidup kita yang belum benar-benar menempatkan kita dalam performa terbaik, seperti mengintimidasi seseorang di sekolah atau menceritakan apa yang tampak seperti kebohongan kecil untuk kebaikan.

Baca Juga: Sebelum Anda Memulai Bisnis Distribusi Grosir, Baca Ini!

Kemungkinannya, bagaimanapun, Anda mungkin merasa sedikit bersalah dan tumbuh karena situasi tersebut.

Saya seorang pria biasa yang mencoba untuk menjadi lebih baik dalam pekerjaan dan kehidupan rumah saya. Saya tidak akan pernah sempurna, tetapi itu tidak berarti saya tidak akan mencoba.

Baca Juga: 10 Keluarga Terkaya di Dunia

Jika Anda ingin terus tumbuh sebagai pribadi, berikut adalah 15 cara untuk memaksimalkan diri Anda.

1. Pujilah Diri Anda

Setiap pagi sebelum Anda melanjutkan rutinitas harian Anda, luangkan beberapa menit untuk memuji diri sendiri. Apakah Anda memuji pakaian Anda, potongan rambut, atau bagaimana Anda baru saja menyelesaikan tugas menggunakan keahlian unik Anda, memberi diri Anda sedikit dorongan emosional akan membuat Anda bahagia.

Dan, ketika Anda bahagia dengan diri sendiri, emosi itu dapat menular ke orang-orang di sekitar Anda. Pembicara inspirasional Tony Robbins memiliki mantra yang katanya keras pada dirinya sendiri hampir setiap hari untuk menempatkannya dalam keadaan kinerja puncak.

2. Jangan Membuat Alasan

Menyalahkan pasangan, bos, atau klien Anda tidak membuahkan hasil dan tidak akan membuat Anda melangkah lebih jauh. Alih-alih mengarahkan jari dan mencari alasan mengapa Anda tidak bahagia atau sukses dalam kehidupan pribadi atau profesional, carilah kesalahan Anda dan pelajari banyak hal dari kesalahan itu.

Ketika Anda melakukan ini, Anda akan menjadi orang yang lebih baik. Ketika saya secara pribadi mulai mengakui kesalahan dan kejatuhan saya, hidup saya berbalik sendiri. Saya menjadi lebih bahagia dan lebih sehat, dan hubungan saya dengan istri membaik. Kami lebih bahagia dari sebelumnya.

3. Lepaskan Kemarahan

Melepaskan amarah lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Meskipun amarah adalah emosi yang sangat normal, Anda tidak bisa membiarkannya membara.

Baca Juga: Ide Bisnis Menjahit Terbaik Tahun 2019

Ketika ini terjadi, Anda mungkin membuat keputusan yang tidak bijaksana, dan yang lebih penting, itu dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Penelitian menunjukkan kemarahan yang terpendam dapat menyebabkan masalah pencernaan, sulit tidur, dan bahkan penyakit jantung.

Untuk membantu Anda melepaskan amarah, Roya R. Rad, MA, PsyD, menyarankan agar Anda menuliskan perasaan Anda, berdoa atau bermeditasi, atau mulai mengelola pikiran Anda.

4. Latihlah Memaafkan

Joyce Marter, LCPC, menyarankan Anda untuk memaafkan dan melepaskan dendam. Dia mencatat, bahwa jika bukan karena alasan lain selain untuk diri Anda sendiri, maafkan untuk melepaskan diri dari pengalaman negatif masa lalu.

Luangkan waktu untuk bermeditasi, dan bersyukur atas kebijaksanaan dan pengetahuan yang didapat dari penderitaan Anda. Berlatihlah dengan mantra, ‘Aku memaafkan Anda dan saya membebaskan Anda.’

5. Jujur dan Langsung

Bagaimana perasaan Anda jika orang yang Anda cintai atau mitra bisnis berbohong kepada Anda? Kemungkinan Anda akan melihatnya sebagai pelanggaran terhadap kepercayaan Anda.

Baca Juga: Cara Mulai Membangun Bisnis Menjahit

Jika Anda ingin menjadi orang yang lebih baik dalam kehidupan pribadi atau profesional, Anda harus selalu mengatakan yang sebenarnya dan menyatakan sejelas mungkin apa yang ingin Anda sampaikan. Belajarlah untuk mengartikulasikan pikiran, perasaan, dan gagasan Anda secara terbuka dan jujur.

6. Bermanfaat

Baik menyerahkan kursi Anda kepada orang tua di kereta bawah tanah, membantu rekan kerja di proyek, atau membawa bahan makanan ketika pasangan Anda kembali dari toko, membantu adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk berlatih menjadi orang yang lebih baik.

Saya menemukan bahwa semakin saya membantu orang lain, semakin baik perasaan saya tentang diri saya dan semua orang di sekitar saya.

7. Dengarkan Orang Lain

Seperti yang Jeet Banerjee catat di Lifehack, mendengarkan orang dan memberi suara setiap orang adalah salah satu hal terbesar yang dapat Anda lakukan.

Baca Juga: Mackenzie Bezos dan 55 Wanita Terkaya Lainnya di Amerika

Dia menambahkan bahwa dia harus bertemu dengan beberapa orang yang paling luar biasa, menutup beberapa kesepakatan terbesar, dan mengembangkan koneksi yang akan bertahan seumur hidupnya, semua karena ia menggunakan waktu untuk mendengarkan orang. Menjadi pendengar yang baik dapat mengubah hidup Anda di secara positif.

8. Bertindak secara Lokal

Ini mungkin tidak terlihat seperti masalah besar, tetapi mendukung tujuan lokal, menyumbangkan pakaian, atau membeli dari pasar petani lokal atau bisnis adalah cara sederhana Anda dapat membantu wilayah spesifik Anda.

Anda mungkin tidak bisa menyelamatkan dunia, tetapi Anda bisa membuat perbedaan di sekitar Anda. Mengenal dan peduli dengan komunitas Anda.

9. Selalu Menjadi Sopan

Berapa banyak usaha yang diperlukan untuk mengatakan, ‘Terima kasih,’ atau untuk membuka pintu lift bagi seseorang? Tidak banyak sama sekali. Namun, tindakan kebaikan ini bisa membuat hari seseorang lebih baik.

Baca Juga: Kylie Jenner adalah Miliarder Mandiri Termuda di Dunia

Saya memutuskan beberapa tahun yang lalu bahwa tidak masalah jika seseorang sangat kasar, merendahkan, atau lebih buruk. Cara orang lain berperilaku tidak akan menentukan perilaku saya.

10. Jadilah Diri Sendiri

Tiffany Mason memiliki lima alasan bagus tentang Lifehack mengapa Anda harus menjadi diri sendiri. Ini termasuk mampu menyelaraskan diri dengan nilai-nilai dan kepercayaan Anda, membangun identitas Anda, membangun keberanian, menciptakan batasan, dan menemukan fokus dan arah.

11. Terbuka untuk Berubah

Apakah mencoba restoran baru, bepergian ke bagian dunia yang tidak dikenal, atau melakukan sesuatu yang selalu membuat Anda takut, Anda harus selalu terbuka untuk berubah.

Ini memungkinkan Anda untuk tumbuh karena Anda mengalami sesuatu yang baru. Ini membantu Anda berfungsi tinggi dan percaya diri jika Anda tidak waspada terhadap perubahan.

12. Bersikap Hormat

Bagaimana perasaan Anda jika Anda baru saja membersihkan rumah dan seseorang datang dan melacak lumpur di mana-mana? Anda mungkin akan sedikit terkejut bahwa mereka tidak melepas sepatu mereka.

Ambil mentalitas ini dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, jangan membuang sampah atau puntung rokok di lantai toilet umum atau trotoar hanya karena orang lain akan membersihkannya.

Hormatilah waktu, pikiran, ide, gaya hidup, perasaan, pekerjaan, dan semua yang lain dari orang lain. Anda tidak harus setuju dengan semua itu, tetapi orang-orang memiliki hak atas pendapat mereka dan pendapat Anda belum tentu benar.

13. Jangan Muncul dengan Tangan Kosong

Pergi ke pesta akhir pekan ini di apartemen teman Anda? Pastikan Anda tidak datang dengan tangan kosong. Bahkan jika Anda telah diyakinkan bahwa akan ada banyak makanan dan minuman, bawalah sedikit sesuatu untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai karena telah diundang.

14. Mendidik Diri Sendiri

Jika Anda tidak mengerti mengapa satu negara menyerbu negara lain, luangkan waktu untuk mendidik diri sendiri tentang peristiwa terkini. Tanyakan seseorang yang memiliki hubungan dekat dengan acara tersebut untuk pemikirannya.

Baca Juga: Bekerja Hanya untuk Pujian? Bagaimana Mengesampingkan Biaya untuk Menumbuhkan Bisnis Anda

Ingat, kita semua saling berhubungan, dan menyadari berbagai budaya, orang yang berbeda, dan seperti apa kehidupan mereka dapat membuat Anda menjadi individu yang lebih berpengetahuan luas. Ini juga akan membantu Anda memahami sudut pandang yang berbeda dari sudut pandang Anda sendiri.

15. Beri Orang Kejutan

Seberapa baik rasanya membuat seseorang tersenyum? Rasanya cukup enak, bukan? Kejutkan orang yang Anda cintai atau rekan kerja sekarang dan kemudian, dengan hadiah, bermalam di kota, atau dengan menawarkan bantuan ketika Anda tahu mereka bisa menggunakannya.

Menjadi orang yang lebih baik tidak terjadi dalam semalam, tetapi itu mungkin. Percayalah pada diri sendiri dan ketahuilah bahwa hal itu mungkin! Apa tips lain yang menurut Anda berguna untuk menjadi orang yang lebih baik?